Home » , » Ini Dia, Cara Mengatur Keuangan Toko

Ini Dia, Cara Mengatur Keuangan Toko

cara mengelola keuangan toko
Cara Mengatur Keuangan Toko Kelontong
Mengatur Keuangan Toko Kelontong Dengan Cerdas – Selama ini seringkah Anda mengalami barang ditoko Anda banyak namun jumlah uang kas hanya sedikit? Sehingga menjadikan Anda ketika akan belanja menghadapi kesulitan?

Jika hal seperti ini tidak segera ditangani, akan mengakibatkan kurang baik terhadap kelangsungan bisnis toko kelontong yang Anda jalani. Kasus seperti ini bisa terjadi karena kurang efektif dan cerdas dalam mengelola keuangan toko kelontong yang Anda punya atau istilah didalam bisnisnya cashflow (aliran uang kas).

Semua bisnis apapun akan sangat bergantung kepada cashflow usaha, jika semakin lancar cashflownya, maka akan semakin menjamin profit yang akan didapatkn, begitu juga sebaliknya ketika cashflownya tidak lancer atau bahkan macet, mengakibatkan kurang baik terhadap kelangsungan bisnis itu sendiri istilah lain, perusahaan dalam kondisi tidak sehat.

Umumnya toko kelontong mengelola cashflow dengan cara yang sederhana, ketika ada barang yang habis maka langsung belanja lagi, ketika ada barang baru tinggal belanja atau bahkan ketika ada sales yang menghampiri selalu belanja, walaupun hali seperti ini sah – sah saja, tetapi hal tersebut kurang efektif dan cermat, masih banyak hal – hal lain yang harus diperhatikan, misalnya seberapa banyak stok yang ada, barang tersebut perputaranya cepat atau tidak, punya hutang piutan, biaya operasional toko, kebutuhan Anda pribadi, dan lain-lain.

Jika Anda berharap agar bisnis toko kelontongnya terkelola dengan baik sehingga bisa mendatangkan keuntungan, maka cara yang paling efektif dan cerdas adalah dengan mengelola dan membenahi cara mengatur keuangan toko secara efesien dan cerdas.

Misalnya, Anda harus jeli barang mana yang stoknya perlu ditambah atau dikurangi, bagaimana perputaran barang tersebut cepat atau lambat, perlukah menambah menambah item baru, berapa biaya operasional yang dikeluarkan setiap bulan dan lain-lain. Dengan cara mengatur keuangan toko kelontong yang efektif dan cerdas, maka bisnis toko kelontong Anda akan berjalan lebih lancar.

Namun bagaimana cara mengelola keuangan toko kelontong yang efektif dan cerdas?  Kami akan membagikan tips berikut ini:

1. Minimalkan stok barang.

Stok barang diibaratkan uang Anda mengendap, sehingga ketika Anda terlalu banyak melakukan penyetokan barang tetapi permintaan pada barang tersebut sedikit maka sama saja tidak menghasilkan uang, dan itu menyebabkan kerugian modal. Sedangkan kita butuh perputaran uang dengan cepat agar kehidupan toko kelontong Anda tetap jalan.

Agar aman, usahakan ketika Anda belanja barang mulai dari satuan terkecil saja, misalnya kopi sachet belanja rencengan dulu kemudian amati berapa lama habisnya jika sehari saja tidak habis untuk apa belanja satu dus. Namun ketika barangnya lakunya cepat, katakanlah sehari 1 bisa habis lusin, maka Anda bisa melakukan stok barang maksimal untuk 3 hari.

2. Utamakan Tunai.


Hindari namanya hutang atau piutang dan beralihlah ke pembayaran tunai. Dengan pembayaran secara tunai Anda akan lebih mudah memutar kembali modal Anda, semakin perputaran modal, maka semakin besar pula profit yang bisa Anda peroleh.

Namun ketika Anda menerapkan sistem pembayaran secara kredit, keuntungan yang besar sulit didapatkan, karena Anda tidak bisa memastikan kapan pembayaran bisa tepat waktu bisa juga molor bahkan macet.


3. Uang Masuk Harus Lebih Besar 


Sudah tahu kan, apa jadinya kalau pengeluaran Anda lebih besar dari pada pemasukan yang diterima, tentu kondisi ini sangat tidak baik untuk kehidupan bisnis Anda. Agar dapat mengntrolnya, cara mengatur keuangan toko kelontong Anda adalah dengan rajin dan konsisten untuk mencatat setiap transaksi pendapatan dan pengeluaran toko kelontong Anda.

4. Alokasikan Pendapatan Anda Dengan Cermat

Cara mengelola keuangan toko Anda, pergunakanlah setiap keuntungan dari  toko kelontong Anda dengan detail. Contoh jika keuntungan Anda sehari 150 ribu, maka alokasikasn berapa untuk tabungan, biaya operasional toko dan lain-lain sehingga keuntungan bersih Anda bisa diperkirakan.

Jika Anda dapat konsisten dalam  mengatur keuangan toko, maka bisnis yang Anda kelola akan semakin besar. Banyak orang jatuh dari bisnisnya hanya karena tidak mengetahui tentang ilmu mengelola keuangan atau disebut financial literacy.

7 comments:

  1. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  2. Iii seneng banget bacanya, artikel keren! makasi banyak yah udah sharing, sangat berguna sekali. sukses selalu kamuu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.